Keep Exploring.
Jakarta, 2 Juni 2022 – Mahasiswa Universitas Bunda Mulia berhasil gelar virtual event bernama THRIFTHINK (Thrifting is Something to Think) pada Sabtu, 28 Mei 2022 lalu melalui kanal ZOOM. THRIFTHINK hadir dalam dua rangkaian acara yakni ATTENTION (A Talk Show about Sustainable Fashion) dan CREATHRIFT (Creativity of Thrifting) yang berupa kompetisi styling menggunakan pakaian bekas. Acara yang digelar secara daring ini dihadiri lebih dari 250 peserta dari berbagai daerah di Indonesia bahkan Singapore. Gelaran ini dihadiri oleh dua pembicara yang berkecimpung di dunia fesyen, yakni Aliya A. Tjakraamidjaja selaku COO & Co-Founder dari Tinkerlust dan Steffi Santa, Fashion Stylist dan Fashion Influencer. Kemeriahan event ini juga bertambah dengan penampilan sebuah duo ethnic art pop – Biru Baru dan Raynaldo Wijaya yang memukau.
THRIFTINK dibuka dengan sebuah fashion movie yang menampilkan berbagai macam gaya padu padan saat menggenakan produk fesyen bekas dan layak pakai. Hal ini tentunya sesuai dengan tujuan diadakannya event ini, yaitu memberikan sebuah pandangan baru mengenai isu sustainable atau keberlanjutan dalam dunia fesyen yang salah satu wujud nyatanya adalah thrifting.
Durasi dua jam seolah tidak terasa ketika para pembicara melakukan pemaparan materi yang menarik. Selain menarik tema yang diangkat juga sangat memiliki konektivitas dengan budaya thrifting yang gencar dilakukan oleh generasi Z. Steffi Santa, fashion stylist sekaligus fashion influencer memaparkan materi yang cukup membuka wawasan para peserta, yaitu terkait sejarah thrifting di dunia dan bagaimana melakukan padupadan dengan beragam produk fesyen hasil berburu thrifted. “Jangan malu untuk menggunakan barang bekas, dimana dengan itu kamu dapat tampil beda dan menarik karena barang murah atau bekas tidak selalu jelek digunakan” ucap Steffi Santa saat itu.
Aliya A. Tjakraamidjaja selaku COO & Co-Founder dari Tinkerlust memaparkan materi yang berbeda dari pembicara sebelumnya. Dengan balutan atasan berwarna putih, Aliya menyampaikan materi terkait bisnis jual beli pakaian bekas dan layak pakai (preloved). “Ketika kamu ingin memulai terjun di dunia industri fashion maka kamu harus tahu siapa yang menjadi target market usahamu”.
Virtual Event THRIFTHINK ini dikemas secara apik oleh mahasiswa/i UBM mata kuliah Brand Event and Management. Event ini diharapkan dapat memberikan insight baru bagi masyarakat dan memberikan kesadaran akan dampak polusi yang disebabkan oleh industri fashion. Masyarakat juga diharapkan dapat ikut berkontribusi dalam mengurangi sampah tekstil dan mengubah pandangan yang selama ini menganggap barang bekas mempunyai citra jelek.
###
“Universitas Bunda Mulia, Bridging Education To The Real World!”
Keep Exploring.
360 Virtual Tour
Berita UBM