Jakarta, 11 April 2025 – News Caster Club telah sukses melaksanakan kunjungan industri ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Kamis, 11 April 2025, pukul 10.00 hingga 18.30 WIB. Dalam kunjungan kali ini yang mengungsung tema “Rebranding: The New Born of Beauty TMII”. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian edukatif dalam mendukung pengembangan kompetensi anggota News Caster Club, yang memberikan wawasan langsung kepada para peserta mengenai dunia industri media dan pariwisata, khususnya dalam konteks transformasi dan rebranding sebuah destinasi wisata budaya.
Jakarta, April 11, 2025 – News Caster Club successfully conducted an industrial visit to Taman Mini Indonesia Indah (TMII) on Thursday, April 11, 2025, from 10:00 to 18:30 WIB. The visit carried the theme “Rebranding: The New Born of Beauty TMII”. This activity is part of a series of educational activities to support the development of News Caster Club members’ competencies, providing participants with direct insight into the world of the media and tourism industry, especially in the context of the transformation and rebranding of a cultural tourism destination.
Diawali dengan eksplorasi enam rumah adat yang menjadi ikon kekayaan budaya Nusantara, yakni rumah adat Papua, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Aceh, dan Sumatra Barat. Masing-masing dari rumah adat menyajikan nilai budaya dan filosofi lokal serta arsitektur yang khas yang mendalam. Sesi berikutnya diisi dengan pemaparan materi eksklusif dan Q&A yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya langsung seputar strategi pemasaran, pengelolaan brand, dan adaptasi TMII dalam menghadapi era digital serta tren pariwisata berbasis budaya.
It began with an exploration of six traditional houses that are icons of the richness of Nusantara culture, namely the traditional houses of Papua, South Kalimantan, East Kalimantan, West Kalimantan, Aceh, and West Sumatra. Each traditional house presents local cultural and philosophical values as well as deep, distinctive architecture. The next session was filled with the presentation of exclusive materials and Q&A that gave participants the opportunity to ask questions directly about marketing strategies, brand management, and TMII’s adaptation in facing the digital era and culture-based tourism trends.
Ibu Ratri Paramita, selaku Direktur Komersial TMII, menyatakan mengangkat tema tentang transformasi dan inovasi yang tengah dilakukan TMII dalam proses rebranding-nya. Dalam pemaparannya, Ibu Ratri mengungkapkan bagaimana TMII mampu bertahan dan bangkit dari masa sulit yang dihadapi beberapa waktu lalu, serta bagaimana wajah baru yang kini tampil lebih modern, tertata, dan ramah lingkungan. Hal ini tampak dari sistem parkir yang kini lebih terstruktur dan estetika kawasan yang semakin hijau dan bersih.
Mrs. Ratri Paramita, as TMII’s Commercial Director, stated that she raised the theme of transformation and innovation that TMII is currently undertaking in its rebranding process. In her presentation, Mrs. Ratri revealed how TMII was able to survive and recover from the difficult times it faced some time ago, as well as how the new face now appears more modern, organized, and environmentally friendly. This can be seen from the parking system which is now more structured and the aesthetics of the area which is increasingly green and clean.
Dua inovasi baru TMII yang saat ini sedang ramai jadi perbincangan atau viral, yakni tirta cerita dan tirta menari yang merupakan pertunjukan air mancur yang dipadukan dengan alunan musik khas Indonesia di jam-jam tertentu, yang berhasil mencuri perhatian publik dan menjadi daya tarik utama. Tak hanya itu, kereta gantung legendaris juga tetap menjadi favorit pengunjung yang rela datang demi merasakan pengalaman ikonik tersebut dari udara. News Caster Club merupakan salah satu klub di bawah naungan COMRADE, organisasi mahasiswa milik Program Studi Ilmu Komunikasi, yang berfokus pada pelatihan dunia news casting seperti menjadi anchor, pembawa acara, dan pelatihan public speaking lainnya.Dalam setiap periode kepengurusannya, News Caster Club rutin menyelenggarakan dua kunjungan industri, masing-masing menyasar industri broadcasting (ke stasiun TV) dan marketing communication (ke perusahaan – perusahaan).
Two new innovations of TMII that are currently being widely discussed or viral, namely tirta cerita and tirta mimpi, which are fountain shows combined with typical Indonesian music at certain hours, which have succeeded in stealing the public’s attention and becoming the main attraction. Not only that, the legendary cable car also remains a favorite of visitors who are willing to come to experience the iconic experience from the air. News Caster Club is one of the clubs under the auspices of COMRADE, a student organization belonging to the Communication Science Study Program, which focuses on news casting training such as becoming an anchor, host, and other public speaking training. In each period of its management, News Caster Club routinely organizes two industrial visits, each targeting the broadcasting industry (to TV stations) and marketing communication (to companies).
Universitas Bunda Mulia, “Bridging Education to The Real World”