Ritel adalah bisnis penjualan barang atau jasa, langsung kepada konsumen dalam jumlah eceran atau satuan. Siapapun akan membutuhkan keterampilan khusus untuk mengelola dan membesarkan bisnis ritel. Apalagi di era digital, dengan kemunculan berbagai teknologi yang mempermudah konsumen untuk berbelanja, dan memperbesar persaingan bisnis.
Karena itulah, Universitas Bunda Mulia menawarkan jurusan Manajemen dan Teknologi Ritel dalam bentuk peminatan. Peminatan ini bisa kamu ambil melalui S1 Manajemen di semester 5.
Dengan belajar manajemen ritel, kamu akan memiliki kemampuan untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi sistem ritel di perusahaan.
Kamu akan belajar segala sesuatu, mulai dari cara memilih lokasi terbaik, pengadaan barang, sampai menerapkan teknologi yang ada ke bisnis ritel kamu.
Yuk lihat beragam mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Manajemen dan Teknologi RItel.
Saat berhadapan langsung dengan pelanggan, seorang penjual harus memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.
Ternyata, untuk memberi pelayanan terbaik, ada teori-teorinya, lho! Di mata kuliah ini, kamu belajar bagaimana cara-cara memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen.
Kamu akan mempelajari teknik-teknik komunikasi efektif, cara menangani keluhan pelanggan, hingga menciptakan layanan yang melebihi ekspektasi. Mata kuliah ini juga membahas pentingnya membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka.
Tahukah kamu kalau cara barang dipajang di toko, ada teorinya?
Nah, di mata kuliah ini, kamu akan mengenal “seni” mengatur produk di toko agar menarik perhatian pembeli.
Kamu akan belajar bagaimana memilih produk yang sesuai dengan target pasar, menentukan harga, dan merancang tampilan toko yang strategis.
Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara mengelola kategori produk agar penjualan meningkat dan pelanggan lebih mudah menemukan barang yang mereka butuhkan.
Franchise adalah salah satu model bisnis ritel yang populer, dan di sini mahasiswa belajar bagaimana cara memanfaatkan strategi ini dengan baik.
Di dalamnya, kamu akan belajar tentang merek, cara membuat program pemasaran, dan menjaga hubungan dengan mitra franchise.
Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan tentang strategi pemasaran digital yang efektif untuk menarik konsumen di era modern.
Kalau kekurangan stok bisa menyebabkan masalah, ternyata kelebihan stok juga bisa jadi sumber masalah.
Nah di mata kuliah supply chain & inventory management, mahasiswa akan belajar bagaimana memastikan produk selalu tersedia tepat waktu di toko tanpa kelebihan stok.
Kamu akan belajar cara mengelola rantai pasok mulai dari pengadaan hingga distribusi, serta teknik mengoptimalkan inventaris agar efisien. Mata kuliah ini sangat penting untuk memastikan bisnis ritel berjalan lancar dengan biaya yang terkontrol.
Teknologi sudah mengubah wajah industri ritel, dan mata kuliah ini akan membekali kamu dengan pemahaman tentang alat-alat modern yang digunakan di bisnis ritel.
Misalnya, penggunaan sistem POS (Point of Sale), CRM (Customer Relationship Management), hingga analitik data.
Kamu perlu memahami, bagaimana sih teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan.
Mengelola keuangan ritel bukan hanya tentang menghitung keuntungan, tapi juga mencegah kerugian.
Dalam mata kuliah ini,mahasiswa belajar cara membuat laporan keuangan, menganalisis performa keuangan, serta mengidentifikasi dan mencegah kebocoran seperti pencurian atau kesalahan operasional.
Data adalah aset berharga di dunia ritel, dan mata kuliah ini mengajarkan cara memanfaatkan data untuk membuat keputusan bisnis.
Kamu akan belajar tentang analitik konsumen, penjualan, hingga tren pasar. Dengan kemampuan ini, kamu dapat merancang strategi yang lebih akurat dan tepat sasaran.
Bisnis ritel harus terus berinovasi agar tetap relevan di tengah persaingan. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar cara menciptakan ide-ide baru yang segar untuk menarik perhatian konsumen.
Mulai dari mengadopsi teknologi terbaru, hingga menciptakan pengalaman belanja yang unik, mata kuliah ini membantu kamu menjadi pelopor inovasi di dunia ritel.
S1 Manajemen memiliki sejumlah peminatan. Salah satunya, adalah Retail Management & Technology. Peminatan atau penjurusan ini bisa kamu pelajari saat memasuki semester lima.
Dengan kata lain, kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu dasar manajemen terlebih dahulu, barulah menajamkan keahlian kamu lewat jurusan manajemen ritel ini.
Saat ini, UBM masih membuka pendaftaran untuk perkuliahan tahun depan. Dapatkan informasi selengkapnya tentang S1 Manajemen di sini.
Dapatkan juga informasi selengkapnya mengenai pendaftaran kuliah di Universitas Bunda Mulia dengan mengunjungi lokasi berikut ini:
KAMPUS ANCOL
Jalan Lodan Raya No.2, Jakarta Utara 14430
No Telp: 021 690 9090
KAMPUS SERPONG
Jalan Jalur Sutera Barat Kav. 7-9, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
No Telp: 021 8082 1428
Temukan juga kami di berbagai platform media sosial di bawah ini:
Instagram klik di sini
Youtube klik di sini
Tiktok klik di sini
WhatsApp klik di sini
Universitas Bunda Mulia, Bridging Education to the Real World! ✨
READ MORE
Ini Yang Kamu Pelajari di Jurusan Digital Marketing! Cek 6 Mata Kuliahnya