Jakarta, 30 Mei 2024 – Dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia yaitu Dr. Lasmery R.M Girsang berhasil melakukan publikasi penelitian di Jurnal Komuniti terakreditas SINTA 3. Penelitian tersebut berjudul “Daya Tarik Iklan dan Paid Promote Terhadap Minat Beli @sobatpromo” berfokus pada bidang penelitian komunikasi pemasaran dan komunikasi bisnis. Adapun Abstrak dari penelitian ini yaitu :
A Kegiatan pemasaran untuk menarik minat pembeli melalui media sosial senantiasa mengalami peningkatan. Salah satunya di instagram yang beriklan sesuai dengan target konsumen yang dituju dengan menggunakan daya Tarik iklan dan paid promote. Teori yang digunakan adalah Teori Elaborasi Kemungkinan, dengan tiga variabel yaitu Daya Tarik Iklan, Paid Promote dan Minat Beli. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan Positivisme, dengan Pendekatan penelitian kuantitatif, Sifat penelitian eksplanatif dan Metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini Followers dari @sobatpromo dengan menggunakan rumus slovin diperoleh 100 orang responden penelitian. Uji pretest menggunakan 30 responden untuk menjawab 22 item pertanyaan. Menguji tiga variabel: Daya Tarik Iklan, Paid Promo, dan Minat Beli follower @sobatpromo dengan Uji Korelasi Linear dan Berganda, Uji Regresi Berganda dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil yang diperoleh terdapat pengaruh antara Daya Tarik Iklan dan Paid Promote secara bersama-sama terhadap Minat Beli. Menguji Teori Kemungkinan Elaborasi yang berisikan adanya dua jalur yakni rute utama dan rute pinggiran, didapatkan hasil penelitian dimana semua variabel diterima. Ditemukan bahwa responden memilih rute utama yakni memperoleh informasi secara langsung dari @sobatpromo yang tidak hanya berfokus pada isi pesan atau informasinya saja, melainkan memperhatikan aspek lain seperti penyampaian iklan, promosi yang ditawarkan, sound pada iklan dan hal lainnya.
Naskah tersebut juga dapat didownload pada link : https://journals2.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/3911