Keep Exploring.
Selasa, 21 Desember 2021 (pukul 13.30-15.30 WIB) – Program Studi Bahasa Mandarin, Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan Kuliah Tamu secara virtual yang bertemakan “Establishing and Promoting Language Courses during Pandemic Era”. Tema ini diangkat sebagai tema dari Kuliah Tamu dengan harapan mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Bunda Mulia dapat lebih mengerti tentang kiat-kiat dalam membangun usaha di bidang pembelajaran bahasa Mandarin, dengan membangun Mandarin courses serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa/i tentang memasarkan bisnis dan dapat sukses dalam menjalani usahanya.
Kegiatan Kuliah Tamu ini dihadiri oleh 81 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin semester 7 yang berjumlah 26 peserta, Program Studi Bahasa Inggris yang berjumlah 50 peserta, dan Program Studi Akuntansi yang berjumlah 1 Peserta serta 4 dosen Universitas Bunda Mulia.
Acara dimulai dengan pembukaan dari moderator, Ibu Glisina Dwinoor Rembulan, S.TP., M.Si., IPP, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.
Narasumber yang mengisi pada sesi pertama yaitu Ibu Murniati, S.Pd., M.Hum., Ketua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Bunda Mulia. Pada sesi yang pertama ini, beliau memberikan penjelasan mengenai pemahaman industri berbasis peningkatan kompetensi berbahasa. Pada kesempatan ini, beliau juga menjelaskan mengenai jenis-jenis lembaga bahasa, yang terbagi menjadi dua yaitu, “Bahasa Umum” dan “Bahasa untuk kebutuhan khusus”. Selain itu, beliau juga menjelaskan pentingnya “Needs Analysis” dalam membuka suatu lembaga/ tempat kursus. Pada akhir sesi ini, beliau menutup dengan sesi tanya jawab dan beberapa penjelasan serta contoh.
Narasumber yang berikutnya yaitu Bapak Dr. Ronald M.P., SS., M.Hum., dosen Program Studi Bahasa Inggris Universitas Bunda Mulia. Beliau membagikan materi mengenai “Bahasa dan Pemasaran”, yang membicarakan tentang aktivitas berbicara dan menulis dengan tindakan, yang dapat disebut sebagai “Permainan Bahasa”. Kemudian, beliau juga menjelaskan mengenai bagaimana cara untuk memetakan konsumen dengan memperkuat aspek visual dan kualitas dalam suatu bentuk pemasaran. Sesi ini kemudian ditutup dengan tanya jawab.
Narasumber yang terakhir yaitu Bapak Dr. Michael Christian, S.E., M.M., dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia. Dalam sesi terakhir ini, beliau membagikan kepada peserta mengenai jenis-jenis perilaku konsumen yang beragam, yang dimana nantinya menjadi kunci utama dalam pemilihan strategi yang tepat dalam memasarkan suatu lembaga atau tempat kursus bahasa. Beliau juga mengingatkan betapa pentingnya membentuk hubungan yang baik dengan peserta kursus, guna membantu dalam menggali dan membentuk target-target baru yang dapat disasar untuk berikutnya.
Kegiatan Kuliah Tamu Virtual kali ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai pengingat betapa serunya sesi Kuliah Tamu pada kali ini. Akhir kata, dengan diadakannya Kuliah Tamu ini, diharapkan mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin dapat semakin terdorong untuk menggunakan pengetahuan yang didapat semasa perkuliahan agar dapat diterapkan dalam dunia kerja, khususnya dalam bidang pengajaran bahasa, pemasaran bisnis lembaga/ tempat kursus.
Go Biemers! “Bridging Education to the Real World!”
Keep Exploring.
360 Virtual Tour
Berita UBM