Pada tanggal 30 September 2024 (13:00 – 15:10 WIB). Telah di adakah kuliah umum “DESIGN FUTURE & TRANSFORM ORGANIZATIONS” yang dibawakan oleh Ibu Felencia Hutabarat. Tepatnya pada kampus Universitas Bunda Mulia Lt. 2 ruang 225. Acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa khususnya pada program studi Desain Komunikasi Visual ( DKV ). Pada pukul 13:30 WIB, mahasiswa sudah menduduki banyak kursi disertai Ibu Felencia Hutabarat sebagai narasumber datang. Keadaan berjalan tertib dan tidak terdapat kendala. Sesi tanya jawab juga diadakan menjelang akhir acara pada pukul 14:40 WIB. Ibu Felencia mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa mengenai siapa yang sudah dapat pengalaman sebagai commission atau bekerja kepada suatu perusahaan. 3 mahasiswa menjawab dengan menceritakan bagaimana mereka bangun suatu hubungan dengan design itu sendiri sekaligus menjadikannya pengetahuan bagi yang mendengar. Ibu Felencia juga menanggapi dengan baik dan informatif. Hingga pada pukul 15:10 WIB acara ditutup dengan pemberian apresiasi berupa sertifikat kepada Ibu Felencia Hutabarat. Para Mahasiswa melakukan presensi melalui kode QR yang tersedia dan diperkenankan meninggalkan kelas.
Acara tersebut membawakan sebuah pengalaman menarik bagi para mahasiswa melalui narasumber tentang bagaimana caranya kita bisa membuat suatu branding yang baik dengan melibatkan kolaborasi antar departemen lain dengan desainer. Kolaborasi membuka kreativitas. Ketika anggota tim yang berbeda mengerjakan suatu desain bersama-sama, hasilnya sering kali lebih holistik, sehingga menghasilkan produk akhir yang lebih baik. Melibatkan beragam suara baik di dalam agensi Anda atau klien dan pelanggan eksternal akan menghasilkan perspektif baru yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Kolaborasi bukan sekadar cara untuk bekerja menuju tujuan bersama. Kolaborasi juga merupakan cara yang sangat baik untuk mendorong inovasi dan kreativitas. Ketika individu dengan keterampilan dan latar belakang yang beragam berkumpul, hal itu mengarah pada pertukaran perspektif dan ide yang unik. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalamannya dalam membangun branding Kota Tua yang sekarang menjadi icon unik bagi Indonesia dan kerjasama dalam membuat branding ibu kota baru/ IKN yang melibatkan juga desainer.
Collaborative Design Public Lecture “Design Future & Transform Organizations”
On September 30, 2024 (13:00 – 15:10 WIB) was a public lecture “DESIGN FUTURE & TRANSFORM ORGANIZATIONS” presented by Mrs. Felencia Hutabarat at Bunda Mulia University (2nd floor, room 225). This event was attended by many students, especially in the Visual Communication Design (DKV) study program. At 13:30 WIB, the event started and students had filled the seminar room. They were accompanied by Mrs. Felencia Hutabarat as a resource person. The situation was orderly and there were no obstacles. A question and answer session was also held towards the end of the event at 14:40 WIB. Mrs. Felencia asked students questions about who had practical experience working for a company. Three students answered by telling how they made themselves familiar with the design itself and shared their experience with the attendees. Mrs. Felencia responded well and informatively. At 15:10 WIB The event closed with the presentation of an award in the form of a certificate to Mrs. Felencia Hutabarat. Students took attendance through the available QR code and were allowed to leave the classroom.
The event was an interesting experience for students on how we can create good branding by involving collaboration between other departments with designers. Collaboration unlocks creativity. When different team members work on a design together, the results are often more holistic, resulting in a better end product. Involving diverse voices both within your agency or external clients and customers will open new perspectives. Collaboration is not just a way to work towards a common goal. Collaboration is also a great way to encourage innovation and creativity. When individuals with diverse skills and backgrounds come together, it leads to an exchange of unique perspectives and ideas. He (who??) also shared his experience in building the Old City branding which is now a unique icon for Indonesia and collaboration in creating the branding of the new capital city/IKN which also involved designers.