Keep Exploring.
P |
ada 2 Oktober 2017 kemarin, program kunjungan industri prodi Psikologi UBM memilih untuk berkunjung ke Yakult. Pabrik Yakult berada di Kawasan Industri Indolakto Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 5 jam dari Jakarta ini terbayar dengan melihat pabrik Yakult yang begitu modern. Sesampainya di pabrik, para peserta langsung di berikan penjelasan tentang Yakult, komposisinya, hingga sejarah tentang Yakult. Setelah itu, kami diajak untuk berkeliling melihat proses produksi Yakult dari baik kaca untuk menjaga agar lingkungan pembuatan tetap higienis. Disana kami bisa melihat produksi yakult yang benar-benar dijaga prosesnya agar sesuai standar internasional. Kebersihan adalah aspek utama yang sangat dijaga karena untuk produk fermentasi, jika tidak higienis maka produk bisa rusak atau cepat basi. Para pekerja melakukan suci hama (sterilisasi) berkali-kali sebelum bekerja berhadapan dengan produk langsung. Mereka menggunakan standar penutup kepala, masker dan baju khusus untuk tetap menjaga agar produk tidak tercampur bakteri lain selain bakteri baik L-Casei Shirota strain.
Sesi tanya jawab diadakan setelah kami berkeliling pabrik untuk menjawab rasa penasaran akan Yakult yang semakin besar. Kami juga mendapatkan souvenir untuk di bawa pulang. Dari kunjungan ini, kami belajar banyak mengenai standarisasi pekerjaan dan pengelolaan sebuah pabrik. Selain itu, kami juga belajar mengenai kesehatan usus dan pengetahuan mengenai bakteri serta proses fermentasi yang sangat menarik untuk dipelajari. Ternyata, banyak sekali manfaat yakult untuk kesehatan terutama menjaga kesehatan usus. Bahkan, jika kesehatan usus terjaga dengan baik, kesehatan keseluruhan tubuh juga seimbang yang bisa membuat kita sehat lebih lama.
Cara marketing produk yakult juga menarik karena mereka memastikan produk tetap fresh saat sampai ke tangan pelanggan. Salah satu cara marketingnya adalah dengan menggunakan yakult lady yang membawa kotak pendingin dengan sepeda untuk menjajakan produk yakult. Dari sini kami belajar bahwa kepedulian terhadap pelanggan juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses marketing dan distribusi.
Keep Exploring.
360 Virtual Tour
Berita UBM