Pada tanggal 27 Februari 2025, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia bersama dengan Himpunan Mahasiswa Excellent Community of Management (XCM) sukses menyelenggarakan The UBM Studium Generale (TUSG) Series 020 dengan tema “Sustainable Practices in Global Retail Businesses.” Acara ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa Universitas Bunda Mulia. Acara ini dan diselenggarakan secara hybrid, dengan lokasi di Lecturer Hall UBM Kampus Serpong dan The UBM Seminar Room (TUSR) Kampus Ancol yang dihadiri oleh 309 peserta mencakup 164 mahasiswa Serpong, 111 mahasiswa Ancol, dan 39 dosen beserta peserta eksternal.
Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan mendalam mengenai strategi bisnis berkelanjutan dan pentingnya inovasi pemasaran untuk keberlanjutan perusahaan. Dengan menghadirkan Giuseppe Stigliano, Ph.D. selaku CEO Spring Studios sekaligus Co-Author buku bersama Philip Kotler yang berjudul ‘Retail 4.0’, ‘Onlife Fashion’, dan yang terbaru ‘Redefining Retail’ sebagai pembicara utama, mahasiswa mendapatkan wawasan langsung dari ahli pemasaran global.
Acara dibuka pukul 14.45 WIB oleh Ellen Sandria, mahasiswa semester 4 Program Studi Manajemen, yang bertindak sebagai MC. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Bunda Mulia, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, M.B.A., Ph.D., serta sesi foto bersama dengan para pimpinan UBM dan pembicara.
Sesi utama dimulai dengan pemaparan profil moderator yang kemudian acara diambil alih oleh Moderator bapak I Gusti Agung Musa Budidarma, S.E., M.Acc. Fin., Ph.D selaku Head of Academic 1. Bapak Musa sebagai moderator kemudian mulai memperkenalkan narasumber TUSG 020 kali ini. Giuseppe Stigliano, Ph.D., adalah seorang pemimpin visioner dalam dunia pemasaran dan transformasi digital, dengan pengalaman lebih dari dua dekade di kancah internasional. Saat ini, ia menjabat sebagai CEO Global di Spring Studios, sebuah agensi inovatif yang berfokus pada komunikasi untuk merek-merek fashion, kecantikan, gaya hidup, dan kemewahan, di mana ia memimpin tim yang terdiri dari lebih dari 200 talenta di London, New York, dan Milan. Kolaborasinya dengan Philip Kotler, seorang pakar pemasaran terkemuka, menghasilkan tiga buku terlaris: ‘Retail 4.0’, ‘Onlife Fashion’, dan yang terbaru ‘Redefining Retail’. Karya-karya ini telah diterjemahkan ke dalam delapan bahasa dan mencapai lebih dari 100.000 pembaca di seluruh dunia, menegaskan pengaruhnya dalam industri pemasaran dan ritel.
Narasumber pun kemudian menyampaikan materi mengenai Prinsip 5A dalam Strategi Marketing serta 10 Prinsip Panduan untuk Dunia Pasca-Digital. Beliau juga membahas strategi bagi retailer untuk tetap unggul di era ketidakpastian, dengan menekankan bahwa:
“The future is not artificially intelligent. It’s intelligently artificial.”
Pemaparan yang inspiratif ini disambut antusias oleh mahasiswa, yang kemudian diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dalam sesi Q&A. Mahasiswa berlomba untuk memberikan pertanyaan yang kemudian disambut hangat oleh narasumber dengan jawaban-jawaban yang informatif.
Sebagai bentuk penghargaan, Token of Appreciation diberikan kepada moderator dan narasumber oleh ibu Dr. Lelly Christin, S.E., M.M selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora 2. Acara ditutup dengan sesi registrasi akhir dan pengisian feedback dari peserta. The UBM Studium Generale 020 berhasil memberikan wawasan berharga mengenai pentingnya pemasaran yang inovatif dan berkelanjutan bagi keberlangsungan bisnis di era digital.