Serpong, 19 November 2024 – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong mengadakan kuliah umum bertajuk “Sustainable Advertising” pada Selasa, 19 November 2024. Menghadirkan pembicara terkemuka, Ibu Dwinita Larasati, seorang Industrial designer, lecturer, researcher dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), kegiatan ini diselenggarakan secara onsite di Lecture Hall, UBM kampus Serpong. Kuliah umum ini menarik antusiasme luar biasa dengan jumlah peserta mencapai 155 mahasiswa, tidak hanya dari Program Studi DKV, namun juga dari berbagai program studi lain di Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong.
Dalam sesi yang berlangsung kurang lebih selama dua jam, Ibu Dwinita membagikan wawasan mendalam tentang pentingnya sustainability dalam advertising. Beliau menekankan bahwa dalam dunia kreatif, selain kemampuan mengolah visual dalam berbagai medium, kesadaran tentang keberlanjutan lingkungan juga dibutuhkan, terutama di masa kini yang serba visual. Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diajak untuk memahami pentingnya memiliki kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan pendekatan kreatif yang dapat diterapkan dalam suatu rancangan visual dalam dunia kreatif dan advertising masa kini.
Menurut salah satu panitia dari HIMA DKV Kampus Serpong, tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai pentingnya kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan potensi serta peran visual dalam menyampaikan pesan yang bermakna dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, dalam dunia kreatif, khususnya advertising. “Kami ingin agar mahasiswa yang hadir dapat memahami kekuatan visual yang disertai dengan kesadaran keberlanjutan dan bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, baik desain, komunikasi, maupun bisnis,” jelas ketua panitia.
Para peserta tampak aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan ketertarikan mereka pada pengalaman dan wawasan yang diberikan oleh Ibu Dwinita. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa Universitas Bunda Mulia mendapatkan perspektif baru mengenai pentingnya kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan potensi serta peran visual dalam menyampaikan pesan yang bermakna dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, dalam dunia kreatif serta mampu memanfaatkannya dalam berbagai proyek dan karya mereka di masa depan.
Kuliah umum “Sustainable Advertising” ini diharapkan menjadi langkah awal untuk lebih banyak kolaborasi inspiratif di masa yang akan datang, baik di lingkup HIMA DKV maupun dunia kreatif dan antara program studi lainnya di Universitas Bunda Mulia.